Halaman

Cari Artikel Property

Rumah Kost

Rumah Kost??? Investasi Kostan? Berwirausaha di kost-kostan kini bukan lagi menjadi pilihan berkarier, namun bisa Anda jadikan sebagai pilihan investasi dan tempat tinggal. Apalagi sekarang harga tanah dan rumah kembali bersahabat dengan calon pembeli, dan membuat investasi membuka kost-kostan bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang menjanjikan.

Jika Anda kurang yakin memulai bisnis indekost ini, tak perlu khawatir dan jangan merasa perlu berpikir ulang. Memang, banyak orang yang enggan merintis usaha ini karena (tentunya) memerlukan modal yang tidak sedikit. Namun jika dikaitkan dengan hasil yang akan Anda peroleh setiap bulannya, paling tidak Anda sudah dapat mendapatkan kembali modal dana untuk mendirikan kost.

Untuk itu, Anda perlu membuat perincian mengenai kost-kostan yang akan dibangun. Misalnya, kamar-kamar yang akan disewakan ditujukan untuk perorangan/lebih dari seorang (misalnya kost untuk pasangan suami istri), dan apakah bisa dibayar setiap bulan atau per tahun. Begitu juga dengan lokasi kost, carilah yang berdekatan dengan perkantoran, sekolah, kampus, pertokoan, dan sebagainya.

Agar rincian lebih detil, buatlah daftar yang akan Anda gunakan untuk membangun kost, seperti:

1. Lokasi
Tidak bisa dipungkiri, lokasi yang strategis memungkinkan kost-kostan Anda berpeluang dicari banyak orang. Lokasi ini mencakup area yang berdekatan dengan kantor, sekolah, kampus, pertokoan, jalur transportasi umum, bank, dan lain-lain.
Jadi saat mencari lokasi terbaik, pilihlah yang berada di pinggir jalan. Selain mudah ditemukan, para penyewa tentu tidak akan keberatan untuk membayar tarif yang lebih mahal bila dibandingkan dengan lokasi di dalam gang-gang. Dan Anda bisa mendapat pemasukan lebih dari keuntungan ini.

2. Bangunan
Kini, tugas Anda beralih pada membangun bangunan kamar-kamar kost. Keuntungan Anda mendirikan bangunan sendiri yakni bisa mendesain dan mengatur sendiri jumlah kamar yang akan dibangun lalu menata sesuai keinginan Anda.
Namun jika Anda membeli bangunan yang sudah jadi, paling tidak Anda sudah menghemat biaya membangun rumah. Dan tugas Anda semakin mudah, tinggal membersihkan dan mengatur perabot di dalam kamar dan fasilitas kost. Anda juga bisa langsung mengajukan perizinan secara tertulis mengenai mendirikan bangunan kost-kostan kepada Ketua RT/RW setempat.

3. Perlengkapan bangunan kost
Anda bisa menyiapkan fasilitas standar yang diperlukan oleh calon penghuni, seperti:
  • Memasang listrik, air, dan membangun kamar mandi.
  • Kini kost-kostan juga dilengkapi dengan fasilitas TV kabel dan internet. Jika lokasi Anda berdekatan dengan kantor/kampus/sekolah, Anda dapat menyediakan keduanya sebagai penambah fasilitas.
  • Sediakan kamar yang berukuran cukup nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas standar:  meja, kursi dan tempat tidur. Bila perlu, ada kamar yang dilengkapi kamar mandi dan AC di dalamnya.
  • Lengkapi juga bangunan kost ini dengan ruangan lain dan fasilitas tambahan, misalnya dapur, telepon, televisi, mesin cuci, dan sebagainya.
  • Jangan lupa lengkapi dengan peraturan dan perjanjian tentang biaya sewa kamar, fasilitas dan tata tertib (sehingga jelas ada perbedaan kost putra/putri/pasangan suami-istri). Bila terjadi sesuatu hal lain hari, Anda dan para penghuni kamar ini memiliki ketentuan yang akurat.
  • Lakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui pasaran harga kost di daerah ini.
  • Sebagai arsip pemilik kost, mintalah data diri (fotokopi KTP) para penghuni kamar.
  • Jika Anda juga berniat untuk tinggal  di dalam bangunan ini, Anda tidak perlu mencari pengurus kost karena Anda bisa mengurusnya sendiri. Namun apabila Anda tidak tinggal di situ, Anda dapat mempekerjakan seseorang untuk menjaga dan membersihkan kost tiap harinya.
  • Anda juga bisa menambah penghasilan di tempat kost tersebut dengan :
         - Membuka jasa layanan laundry
         - Membuka wartel mini
         - Menyediakan usaha catering
         - Membuka warung kecil (menjual barang kebutuhan harian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...